About

Pada tahun 2003, Departemen Teknik Geodesi dan Geomatika ITB mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi GIS bagi pegawai Bappeda di Jawa Barat. Untuk keperluan pelatihan, kami melakukan Remastering Knoppix Linux agar GRASS GIS dan data sampelnya dapat disimpan ke dalam CD.

Berhubung setiap turunan dari Knoppix itu biasanya memiliki 'nama dagang', kami pun coba mencari nama yang pas. GISRO adalah nama yang saya usulkan, GIS di-jeRO, seperti Comro, oncom dijero atau Misro, amis dijero. Muhammad Ramdhan alias Bung Adam, menyarankan untuk mengubah nama dagangnya menjadi SIGRO, SIG di-jeRO. Nama itulah yang akhirnya kami sepakati dan kami coba pasarkan selama beberapa tahun melalui situs sigro.or.id.

Situs ini kami buat sebagai sarana untuk saling berbagi pengalaman di bidang penginderaan jauh (remote sensing), Sistem Informasi Geografis dan data science. Oya, apa yang kami tulis ini bukan berarti kami ahlinya atau ahlinya ahli loh. Tulisan dibuat dari kami yang senang belajar, dan disimpan supaya kami tidak lupa. Kami bagikan bagi Anda, siapa tahu berguna. Mohon koreksinya juga apabila apa yang kami tuliskan ini menyimpang dari khittah-nya ­čśü.