Blog

Viewing posts from May, 2019

QGIS Basic Training (English version)

Apabila Anda penasaran untuk belajar dasar-dasar pengolahan data di QGIS, kami telah mengunggah dokumentasi pelatihan yang dilakukan oleh Geoinformatics Center, Asian Institute of Technology di tautan berikut https://docs.sigro.org/qgis-basic-training/en/

Memetakan Foto Survey

Beberapa hari lalu salah seorang kawan membagikan foto survey di dinding laman Facebook-nya. Foto yang dibagikan terkait dengan kegiatan pemantauan tutupan lahan sepanjang sungai di Sukabumi. Karena tertarik dengan topiknya, saya pun meminta ijin untuk 'bermain-main' dengan foto yang ada. Ia mengijinkan saya untuk memakai foto dan mengatakan bahwa foto-fotonya memiliki koordinat GPS, seperti pada gambar.

Update PATH QGIS dari Lutra Consulting di MacOS

Bagi Anda pengguna QGIS di MacOS, www.kyngchaos.com adalah situs wajib yang digunakan untuk mendapatkan QGIS serta file-file yang diperlukan. QGIS dari situs ini cukup lengkap pustaka Python-nya, namun kadang-kadang kita membutuhkan pustaka Python tertentu untuk plugin seperti dzetsaka. Di sinilah kita merasa galau. Instalasi menggunakan pip seringkali tidak berhasil karena perbedaan pustaka Python bawaan MacOS dan bawaan Kyngchaos.